METODE PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI (KAJIAN TEORITIK METODE GLENN DOMAN)
Abstract
Metode pembelajaran membaca pada anak usia dini pada masa ke masa sudah semakin berkembang, namun masih ada dari sebagian orang di masyarakat menganggap membaca tidak diperbolehkan pada anak usia dini padahal membaca adalah suatu kegiatan yang bisa mengasah kecerdasan bahasa pada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) konsep metode Glenn Doman secara teoritis; 2) prosedur penerapan metode Glenn Doman; 3) riset penerapan metode Glenn Doman pada anak usia dini; 4) kelebihan dan kekurangan metode Glenn Doman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu buku yang ditulis oleh Glenn Doman yang berjudul “How to teach your baby to read”. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa:1) metode pembelajaran membaca dengan metode Glenn Doman adalah suatu fungsi otak dan menyangkut pada aspek perkembangan anak yang mana harus dikembangkan secara optimal sejak anak berusia dini; 2) Penerapan metode Glenn Doman dilakukan dengan memperhatikan sikap dan pendekatan serta ukuran dan kerapian. 3) Hasil kajian dari riset-riset terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Glenn Doman ini efektif dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini normal maupun anak berkebutuhan khusus yang memiliki cedera otak; 4) Kelebihan metode Glenn Doman adalah metode disenangi anak karena dilakukan dengan waktu yang tidak lama dan tidak membuat anak cepat bosan.