PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (BCCT) DI SENTRA BAHAN ALAM KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MUJAHIDIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendekatan BCCT di sentra bahan alam di TK Islam Mujahidin 1 Pontinak sangat membantu dalam pengembangan berbagai aspek anak usia dini. Pada riset ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Pemeriksa keabsahan data subyek peneliti yakni triangulasi dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Pembelajaran BCCT pada pijakan lingkungan main yang guru lakukan adalah: membuat RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian), menyiapkan media, menata ruang bermain anak, menyiapkan laporan perkembangan anak. 2) Pembelajaran BCCT pada pijakan sebelum main, saat anak sudah berada dalam kelas sentra, guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran, mengenalkan alat permainan, membuat kelompok dan membuat kesepakatan aturan saat anak bermain. 3) Pembelajaran BCCT pada pijakan saat main, adalah anak bermain pada kelompoknya sesuai sub-tema, guru berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain, guru melihat dan mencatat aktivitas anak, guru juga menstimulus anak dengan bertanya dan lain sebagainya. 4) Pembelajaran BCCT pada pijakan setelah main yakni anak-anak membereskan mainannya, guru melakukan recalling, guru menyiapkan anak-anak untuk berbaris dan masuk kembali ke kelas mereka.