PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa secara keseluruhan pembelajaran anak usia dini pada TK Islamiyah Pontianak, belum sepenuhnya berjalan baik, dilihat dalam menstimulus perkembangan bahasa anak khususnya dalam berbicara serta menyimak, masih perlu variasi dan inovasi metode, media dan permainan. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran berlangsung anak cenderung pasif, dan kurang optimal dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan tindakan kelas (PTK). Sumber data primer dalam penelitian ini 2 orang guru yang merupakan guru kelas B3. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen RPPH, lembar aktivitas belajar anak, penilaian hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik Analisis data mengadopsi model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, verifikasi atau penarikan simpulan dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian memaparkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas B TK Islamiyah , terhadap Tema Cerita Rakyat. Hal ini dapat diketahui dari pra siklus, siklusI, siklusII, persentase prasiklus 50% BB, 30% MB, 10% BSH dan pada siklus I 30% BB 20% MB, 30% BSH, 30% BSB, dan siklus II 0 % BB, 10% MB, 10% BSH,70% BSB.