MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI RA MA’DINUL ‘ULUM TULUNGAGUNG
Abstract
Pada kegiatan pembelajaran di RA Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung telah ditemukan adanya masalah yaitu kurang berkembangnya kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun yang menempati rombongan belajar kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini terutama kelompok B di RA Ma’dinul ‘Ulum Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam satu siklus. Dimana pada satu siklus tersebut terdiri dari 5 RPPH dan rencana perbaikan, dengan beberapa tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dipireoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B dari RA Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari analisis yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini terutama pada rombongan belajar kelas B di RA Ma’dinul ‘Ulum Kecamatan Campurdarat dengan catatatn kegiatan harus ditindak lanjuti dengan seksama. Adapun persentase ketuntasan tertingginya berada pada 61%. Namun hal tersebut masih dapat ditingkatkan kembali dengan kegiatan secara berulang, karena kemampuan membaca anak usia dini tidak dapat dipaksa keberhasilannya dalam satu waktu, akan tetapi dapat diupayakan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.