Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pokok sasaran dari pembelajaran adalah siswa dapat mempercayai ajaran Islam sehingga memiliki sikapsikappositif seperti beriman, bertakwa, sopan, santun, jujur, disiplin, bekerja keras,dan memiliki serta menerapkan semua sifat baik yang tercover dalam akhlakul karimah di kehidupannya. Penelitian yang dilakukan menghasilkan analisis akhir dari implementasi kriteria guru melihat beberapa peserta didik yang kurang tertarik terhadap pelajaran, prosedur penilaian sikap yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan pada penelitian ini Kriteria dalam penilaian sikap yang pertama, perilaku melibatkan perasaan dan emosi seseorang. Kedua, perilaku harus tipikal perilaku seseorang. Kriteria lain yang termasuk ranah afektif adalah intensitas, arah, dan target. Implementasi penilaian sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun guru belum menggunakan semua teknik dan satu prosedur belum diterapkan secara maksimal, tetapi dalam implementasi penilaian sikap yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan cukup baik.