Internalisasi Pendidikan Karakter Pelajar Melalui Pembentukan Revolusi Mental
Abstract
Pendidikan merupakan suatu sistem yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan, khususnya terhadap mereka yang masih dalam tahap perkembangan dalam transisi yang mencari identitas diri. 1) Mengembangkan potensi dasar peserta didik agar ia tumbuh menjadi sosok yang berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik, 2) Memperkuat dan membangun perilaku masyarakat yang multikultur, dan 3) Meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif. Ciri - Ciri Dasar Pendidikan Karakter : 1) Keteraturan interior dimana setiap tindakan diukur berdasarkan herarki nilai, 2) Koherensi, dan 3) Otonomi. Dasar Revolusi Mental Pelajar, Revolusi mental mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan kemoderenan, sehingga menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa - bangsa lain di dunia. Sistem persekolahan sebagai turunan dari sistem pendidikan harus mampu menumbuhkan budaya sekolah yang kondusif bagi penciptaan revolusi pendidikan lingkungan belajar yang baik bagi siswa. Peranan Guru dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembentukan Revolusi Mental untuk Melahirkan Generasi Emas Pelajar : 1) Learning to know atau learning to, 2) Learning to do Learning to be, and 3) Learning to live together.