Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini

Abstract

Peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak usia dini sagatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peranan guru diantaranya sebagai ahli instruksional yaitu guru menyusun satuan kegiatan harian, sebagai motivator, guru sebagai model, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pengarah kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan peranan guru dalam membimbing moral anak adalah kerjasama yang baik antar guru serta kepiawaian dalam mengatasi anak didik, ketiga, faktor penghambat yaitu karakteristik anak didik dan pola asuh orang tua yang berbeda-beda serta cara mengajar guru yang berbeda-beda meskipun mempunyai tujuan yang sama