Manajemen Peserta Didik Pada Era Pandemi Covid-19

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan pengelolaan penerimaan peserta didik disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen peserta didik pada era pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian yakni guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diuraikan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik berjalan baik, guru dan orang tua bekerjasama dalam memberikan bimbingan kepada anak yang mana bahan ajar disediakan oleh guru, seperti vidio dan lain-lain, sedangkan orang tua membantu anak dalam mempelajari bahan ajar yang dikirimkan oleh guru. Adapun hambatan-hambatan seperti tidak semua orang tua memiliki andorid, kesibukan orang tua dalam mencari nafkah dan kuota internet yang cukup mahal untuk didapatkan orang tua dalam mengakses internet agar dapat menerima bahan ajar dari guru