Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 sangat penting agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan manajemen pembelajaran pada masa Covid–19 sudah berjalan dengan cukup baik. sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring dengan orangtua mengambil tugas di sekolah untuk dikerjakan anak dirumah. Faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran pada masa covid – 19 yakni tidak adanya kehadiran anak, tidak semua orangtua memiliki kuota untuk mengikuti pembelajaran daring, kurangnya respon orangtua dalam mengambil dan mengembalikan hasil karya anak atau media pembelajaran yang telah diberikan, kurangnya semangat orangtua untuk mengajak anak mengikuti pembelajaran dirumah