Karakter Keikhlasan Pendidik Menurut Al-Qur’an
Abstract
Pendidik merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengkaji terkait karakter keikhlasan pendidik menurut Al-Qur’an. Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu yang mana hal tersebut terbentuk melalui pengalaman, pendidikan yang menjadi sebuah sikap, perilaku, maupun pola pikir seseorang. Sementara itu, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat muslim yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakter keikhlasan pendidik menurut Al-Qur’an dengan menggunakan metode mauḍū’i. Metode mauḍū’i ialah metode yang membahas ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan tema atau judul yang telah ditetapkan. Semua ayat yang berkaitan dihimpun, kemudian dikaji untuk menemukan jawaban dari Al- Qur’an terkait tema tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter keikhlasan pendidik menurut Al-Qur’an adalah pendidik harus memiliki jiwa tulus ikhlas (mengerjakan) dalam mendidik, memiliki kedekatan dengan peserta didik, berupaya untuk membangun potensi dan karakter peserta didik, memiliki pribadi yang taat, takut kepada Allah (taqwa), mengusai bidang keilmuan, dalam mendidik orientasi pada kebaikan sebagai bentuk ibadah, pendidik dapat menjadi contoh bagi peserta didik, pendidik juga harus dapat mengawasi dan mendampingi dalam perkembangan peserta didik, mendoakan diri dan peserta didik agar memiliki pribadi yang baik.