METODE PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)
Abstract
Sebagai komponen ilmu, metode dapat mengantarkan suatu proses pendidikan dapat mencapai tujuan pendidikannya secara cepat dan tepat. Hal ini akan terjadi bila metode pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan substansi dan tujuan. Oleh karena itu seorang pendidik harus menguasai banyak metode pembelajaran, sehingga dapat memilih metode yang sesuai dengan keadaan. Dalam dunia pendidikan Islam, pembelajaran dan tujuan pendidikan hendaklah sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits sebagai sumber ajaran dasar Islam. Dalam kedua sumber hukum tersebut harus ada landasan yang kuat tentang metode pendidikan, seperti yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah dan mendidik umat Islam. Melalui kajian tafsir tematik (tafsir tematik), penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode-metode pendidikan yang terkandung dalam al-Qur'an, serta menggali hadis-hadis yang relevan dengan metode tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa metode pendidikan dalam Al-Qur'an antara lain: mendongeng (Hud : 120), dan metode menjawab (Al-Baqarah : 189), metode hikmah, nasehat, diskusi (An- Nahl : 125 ), dan metode demonstrasi (al-Kahfi : 77).