Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan

Abstract

Penelitian ini sebagai alat kajian bertujuan untuk menelaah dan menganalisis dari masalah sebagai variabel yang diteliti, sesuai dengan hipotesis yang diuji yaitu : (1) pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap etos kerja guru, dan (3) pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dilaksanakan pada guru-guru SD Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan sebagai populasi yang berjumlah 146 guru dengan sampel penelitian berjumlah 107 guru yang dipilih secara proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah sebesar 40,2% terhadap etos kerja guru SD Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan dengan didukung persamaan regresi sederhana: X3 = 74,105 + 0,222X1 Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan budaya organisasi sebesar 54,3% terhadap etos kerja guru di SD Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan dengan didukung persamaan regresi sederhana: X3 = 50,298 + 0,428X2. Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah sebesar 70,1% terhadap budaya organisasi di SD Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan dengan didukung persamaan regresi sederhana: X2 = 59,942 + 0,492X1. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bermanfaat bagi guru, khususnya dan semua pihak yang terkait, sebagai upaya peningkatan etos kerja guru melalui gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan meningkatkan budaya organisasi yang baik. Kata kunci : gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, etos kerja guru