STRATEGI PEMASARAN PISANG CAVENDISH DI DUKUH GAYAM DESA KEDUNGWUNGU KECAMATAN TODANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Abstract

Strategi pemasaran adalah pernyataan (baik secara implisit maupun ekplisit) mengenai bagaimana sebuah merek atau lini produk mencapai tujuannya. Strategi pemasaran pisang cavendish di Dukuh Gayam didistribusikan ke PT. Mulya Agri Jaya Jakarta yang sudah memiliki alat repening (penguning kulit pisang) yang dialiri oleh gas etilen agar buah tampak mulus, menarik dan memiliki harga jual yang tinggi. Bagaimanakah pandangam ekonomi Islam tentang penggunaan zat kimia pada buahbuahan, apakah gas etilen tersebut berbahaya atau tidak. Strategi pemasaran pisang cavendish sebaiknya dilakukan dengan cara penjual memberikan penjelasan yang detail tentang kandungan yang terdapat dalam pisang cavendish. Penelitian ini bertujuan (I) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran pisang cavendish Di Dk. Gayam, Ds. Kedungwungu, Kec. Todanan. (II) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap proses bisnis pisang cavendish di Dk. Gayam, Ds. Kedungwungu, Kec. Todanan. Penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi (I) Pengumpulan data. (II) Mereduksi data. (III) Penyajian data dan yang terakhir (IV) Penarikan dan verifikasi data. Hasil penelitian menghasilkan bahwa: (I) Strategi pemasaran pisang cavendish di Dukuh Gayam meliputi 7P yaitu 1) Product, Bapak Hairul Anwar mempunyai cara untuk pembudidayaan pisang cavendish agar mencapai berat yang ideal dan mempunyai harga jual yang tinggi dengan cara memperhatikan perencanaan, pengolahan lahan, sampai dengan perawatan; 2) Place, tempat pendistribusian pisang cavendish di setorkan ke PT. Mulya Raya Agri Jaya; 3) Promotion, promosi dilakukan dengan dua cara yaitu online (Website, Facebook, dan Instagram) dan offline, menjalin komunikasi dengan distributor buah yang mempunyai fasilitas repening dan jaringan penjualan yang sudah tersistem dan; 4) Price, panjang dan tingkat kemulusan buah pisang cavendish dapat mempengaruhi harga dan tingkatan jenis yang berbeda seperti ada pisang cavendish grade A, B dan C; 5) People, menempatan pegawai sesuai dengan Skill; 6) Process, pelayanan yang prima kepada pembeli; 7) Phisycal Evidence, tempat usaha yang menarik minat pembeli. (II) Proses ripening dalam pandangan ekonomi Islam diperbolehkan dan tidak termasuk penggunaan bahan kimia berbahaya pada makanan. Dikarenakan gas etilen dibuktikan tidak berbahaya, penggunaan gas etilen sejauh ini masih aman. Karena gas etilen yang digunakan pada saat pemeraman pisang akan menguap secara otomatis jika gas etilen habis dan hanya digunakan pada kulit buah pisang bukan pada buah daging pisangnya dan tidak termasuk jual beli gharar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pisang Cavendish, Perspektif Ekonomi Islam