PENELITIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Problem Based Learning. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Problem Based Learning ditinjau dari motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling dari populasi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, Pendekatan Pembelajaran, Motivasi Belajar