IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT (KECERDASAN SPIRITUAL) SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BLORA
Abstract
Pendidikan Boarding School agar dapat meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa sehingga tercapai tujuan Pendidikan Islam. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan spiritual siswa melalui pendidikan boarding school. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teknik studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan boarding school dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan kecerdasan spiritual berupa lima aspek spiritual yaitu istiqomah, tawadhu’, tawakkal, ikhlas, tawazun, taqwa serta aspek iman, Islam dan ihsan melalui pendidikan tahfidzul Qur’an, kajian kitab kuning, keterampilan dan pendampingan belajar serta kegiatan penunjang yang ada di boarding school. Kata Kunci: Boarding School; Pendidikan; Spiritual Quotient