Upaya Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) Pada Kelompok A Di Raudlatul Athfal An Nawa Khozinatul Ulum Blora Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Bahasa adalah alat terpenting yang tersedia bagi manusia, betapapun maju pikirannya, tidak akan berarti apabila ia tidak memiliki cukup bahasa untuk mengungkapkannya. Metode role playing memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan bahasa anak di Raudlatul Athfal An Nawa Khozinatul Ulum Blora. Dimana anak yang sebelumnya hanya mampu mencapai beberapa indikator dalam mengungkapkan bahasa, melalui metode ini mereka mengalami perubahan yang lebih baik yaitu kemampuan bahasanya meningkat sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: Untuk mengetahui upaya peningkatan kecerdasan verbal linguistik anak di Raudlatul Athfal kelompok A An nawa Khozinatul Ulum, dan Untuk mengetahui perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak melalui metode role playing di Raudlatul Athfal kelompok A An nawa Khozinatul Ulum. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak melalui metode role playing di Raudlatul Athfal kelompok A An nawa Khozinatul Ulum Blora memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan bahasa anak di Raudlatul Athfal An Nawa Khozinatul Ulum Blora. Dimana anak yang sebelumnya hanya mampu mencapai beberapa indikator dalam mengungkapkan bahasa, melalui metode ini mereka mengalami perubahan yang lebih baik yaitu kemampuan bahasanya meningkat. Kata kunci: Kecerdasan Verbal Linguistik; Role Playing