Upaya Meningkatkan Kemampuan Meniru Gerakan Shalat Melalui Metode Demonstrasi Di Taman Penitipan Anak Darun Najah

Abstract

Rendahnya kemampuan meniru gerakan shalat pada anak karena metode pembelajaran yang diterapkan seperti memperlihatkan gambar gerakan shalat ternyata belum dapat mengembangkan kemampuan anak meniru gerakan shalat. Selain itu diketahui bahwa tidak semua pendidik memberikan latihan dan petunjuk kepada peserta didik dalam melakukan gerakan shalat karena dianggap anak belum diwajibkan sejak dini sehingga untuk kegiatan melakukan gerakan shalat hanya disampaikan secara sekilas melalui penggunaan media gambar. Oleh karena itu perlu suatu metode yang tepat untuk diterapkan dalam materi shalat, diantaranya yaitu dengan metode demonstrasi. Adapun tujuan penelitian dari skripsi ini adalah sebagi berikut: (1) Untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan meniru gerakan shalat dengan metode demonstrasi di Taman Penitipan Anak Darun Najah Megawon. (2) Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan meniru gerakan shalat dengan metode demonstrasi di Taman Penitipan Anak Darun Najah Megawon. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di Taman Penitipan Peserta didik Darun Najah Megawon dengan subyek penelitian peserta didik usia 5-6 yang terdiri dari 15 peserta didik. Adapun penelitian ini dilakukan pada semester I dimulai dari minggu pertengahan bulan 4 hingga pertengahan bulan 5 yang dilakukan selama 1 bulan. Namun sebelum melakukan pelaksanaan tindakan peneliti sudah membuat kegiatan rancangan penelitian. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan meniru gerakan shalat peserta didik 5-6 tahun di TPA Darun Najah Megawon di Desa Megawon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 melalui metode demonstrasi. Berdasarkan penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan bahwasanya upaya yang dilakukan oleh pendidik telah berhasil meningkatkan kemampuan meniru gerakan shalat, peserta didik mencapai indikator-indikator yang terdapat dalam rencana kegiatan yang telah disusun meskipun dalam pelaksanaannya ada beberapa faktor yang menjadi penghambat untuk mencapai indikator tersebut diantaranya peserta didik kurang fokus memperhatikan saat pendidik memberikan arahan. Kata kunci: Kemampuan Meniru Gerakan Shalat, Metode Demonstrasi