Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pokok Bahasan Macam-Macam Sujud Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun 2021/2022
Abstract
Penulisan ini menggunakan metode Penulisan Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VIIIF SMP Negeri 1 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora melalui dua siklus. Pada siklus I, siklus dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes, observasi dan pemberian angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan untuk mengetahui motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aspek motivasi belajar dengan kategori baik hanya pada aspek perasaan senang saja. Pada siklus II seluruh aspek motivasi belajar berada pada kategori baik. Dan hasil belajar siswa pun meningkat dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 70. Dari 36 siswa, sebelum diadakan penulisan 10 siswa tuntas dengan persentase 28%, pada siklus I siswa tuntas belajar dengan persentase 28%. 19 anak dengan persentase 53%, pada siklus II siswa tuntas belajar dengan persentase 32 anak dengan persentase 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2021/2022.