Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PAI Tentang Zakat Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sumberagung Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI tentang zakat siswa kelas VI SD Negeri 1 Sumberagung semester II tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI tentang zakat siswa kelas VI SD Negeri 1 Sumberagung semester II tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi prasiklus dengan menggunakan teknik konvensional, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi hanya mencapai 5,6%, dan nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata 65,55 dengan tingkat ketuntasan 27,59%. Setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok homogen pada siklus I, siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi mencapai 18,5%, dan nilai hasil belajar siswa meningkat rata-rata 73,59 dengan tingkat ketuntasan sebesar 58,62%. Kemudian dilakukan perbaikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok heterogen pada siklus II, siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi mencapai 82,8%, dan nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata 81,41 dengan tingkat ketuntasan sebesar 100%