PEMANFAATAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN (PSM) RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi masih belum maksimal. Hasil belajar akuntansi dapat ditingkatkan salah satunya dengan memanfaatkan media Lembar Kerja Siswa (LKS). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) apakah pemanfaatan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PSM Randublatung Kabupaten Blora? dan (b) seberapa besar peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PSM Randublatung Kabupaten Blora melalui pemanfaatan media LKS?.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK PSM Randublatung. Kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis diskriptif, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media LKS mengalami peningkatan yang signifikan. Secara statistik menunjukkan bahwa pada table Independent Samples T-Test terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media LKS dengan siswa yang menggunakan catatan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Saran yang dapat diberikan adalah (a) siswa hendaknya memiliki LKS agar dapat belajar secara mandiri, (b) guru hendaknya dapat mengembangkan media LKS sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa