Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dan Perannya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peranan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen; 2) mengetahui upaya kepala sekolah dalam menjamin keektifan jalanya Prgram supervisi; 3) mengetahui pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen; 4) mengetahui tujuan pelaksanaan Supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen; dan 5) mengetahui persepsi Guru SMA Negeri 1 Ngawen terhadap pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Ngawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua tenaga pendidik dan kependidikan SMA Negeri 1 Ngawen. Sampel penelitian ini yaitu kepala Sekolah dan Guru-guru SMA Negeri 1 Ngawen sejumlah 50 orang. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling purpose sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan mempergunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu teknik analisis data kualitatif, penelitian kualitatif data diperoleh secaraterus menerus (triangulasi) dan dilakukan secara terus menerus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) program pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen, di dahului dengan proses pemantauan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan supervisi setelah supervisi dilaksanakan dilakukan proses evaluasi dan tindak lanjut, 2) program Supervisi di SMA Negeri 1 Ngawen bertujuan untuk pemantauan/pengawasan, pembinaan dan perbaikan proses pembelajaran, 3) kepala sekolah SMA Negeri 1 Ngawen memegang peranan penting dalam kegiatan supervisi, 4) persepsi guru SMA Negeri 1 Ngawen tentang supervisi yaitu memiliki setidaknya tiga pandangan yaitu supervisi sebagai alat penilaian, supervisi sebagai alat pembinaan dan supervisi sebagai alat refleksi.