Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Peserta Didik Kelas XI AKL SMK Khozinatul Ulum Todanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektivitas Pelaksanaan Program PKL pada Jurusan Akuntansi Keuangan di SMK Khozinatul Ulum Todanan ditinjau dari komponen Context; 2) mengetahui efektivitas Pelaksanaan Program PKL pada Jurusan Akuntansi Keuangan di SMK Khozinatul Ulum Todanan ditinjau dari komponen Input; 3) mengetahui efektivitas Pelaksanaan Program PKL pada Jurusan Akuntansi Keuangan di SMK Khozinatul Ulum Todanan ditinjau dari komponen Proses; 4) mengetahui efektivitas Pelaksanaan Program PKL pada Jurusan Akuntansi Keuangan di SMK Khozinatul Ulum Todanan ditinjau dari komponen Product; 5) mengetahui efektifitas Pelaksanaan Program PKL pada Jurusan Akuntansi Keuangan di SMK Khozinatul Ulum Todanan pada context, input, process, product. Penelitian dilakukan di SMK Khozinatul Ulum Todanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa, guru, dan pembimbing industri di SMK Khozinatul Ulum Todanan berjumlah 240 orang. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah 177 orang. Data dikumpulkan dengan mempergunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor) dilanjutkan ke arah skor T kemudian di konversikan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Khozinatul Ulum Todanan yang ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+),ditinjau dari input diperoleh hasil kurang efektif (-),ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+). Secara keseluruhan evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Khozinatul Ulum Todanan yang ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil efektif (+ - + + ).