ESTIMASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MODEL PENSKORAN PARCIAL CREDIT MODEL (PCM) PADA KONTEN KUANTITAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa di SMP N 1 Tempel. Penelitian ini menggunakan metode desain survey kuantitaif. Populasi dari semua siswa kelas 7th SMP N 1 tempel dengan pengambilan sampel secara acak yang terdiri dari 63 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang terdiri dari 10 butir soal tentang literasi matematika pada konten kuantitas. Model penskoran yang digunakan dalam penelitian ini adalah parcial kredit model (PCM) dengan 3 kategori yaitu 0,1,2. Analisis data yang digunakan antara lain validitas kontruk, validitas conten, tingkat kesulitan,reliabilitas instrument, serta estimasi kemampuan literasi siswa. Analisis data dengan menggunakan bantuan software quest dan Ms. Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMP N 1 Tempel pada konten kuantitas pada kategori sedang yaitu pada rentang -1,77 sampai +0,33.