Manajemen Diri Guru Penggerak Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tunjungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen diri guru penggerak dalam meningkatkan motivasi belajar peserata didik di SMAN 1 Tunjungan Blora. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan terkait manajemen diri guru penggerak sehingga informasi yang diperoleh faktual dan akurat.Populasi penelitian ini adalah guru penggerak di SMAN 1 Tunjungan Blora, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasidari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan hinggadata jenuh yaitu jika tidak ada informasi lain atau sudah sama baik data dari informan yang sama maupun informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengetahui tujuan pekerjaan sebagai pendidik yakni bukan hanya dengan cara mendidik tetapi juga membangun karakter, menuntun kodrat,minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, 2) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan melakukan pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), melakukan literasi baca buku dan jurnal, serta meningkatkan komptensi dibidang teknologi,3) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengolah kecerdasan emosional melalui aktivitas menenangkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas dan juga melakukan pendekatan personal bagi peserta didik yang memiliki kendala dalam pembelajaran, 4) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar pesertadidik dengan mengelola waktu melalui pembuatan list waktu dan menggunakan metode berkelompok dalam proses pembelajaran