PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs SA AL-MUSTAWA RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan subjek didik untuk mempunyai motifasi dan memahami materi yang disajikan. Sala h satu kewajiban pendidik untuk memenuhi kewajiban tersebut adalah dengan cara memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, diantaranya media yang dimaksud adalah media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana bentuk penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs SA Al-Mustawa Randublatung Blora. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs SA Al - Mustawa Randublatung Blora. (3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs SA Al -Mustawa Randublatung Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Fieald Research). Dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Adapun hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bentuk penerapan media audio visual melalui beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Media film/video yang diterapkan dalam pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, dan guru mengkomunikasikan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan siswa, serta ada tindak lanjut dari guru sebagai penguatan materi. (2) Faktor pendukung dari penerapan media audio visual adalah tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan tingkat kecerdasan siswa dan sering padamnya arus listrik. (3) Hasil dari penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menunjukkan Siswa mampu memahami isi materi yang disampaikan.