Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal statistika deskriptif. Hasil analisis ini sebagai informasi bagi peneliti dalam memperbaiki pembelajaran dan menemukan solusi bagi mahasiswa untuk mengatasi permasalahannya. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa yang diberikan tes berbentuk uraian. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) sebanyak dua mahasiswa melakukan kesalahan menyajikan data dalam bentuk diagram; 2) sebanyak empat mahasiswa melakukan ketidakkonsistenan dalam menggunakan simbol matematika. Dan 3) sebanyak empat mahasiswa kesalahan dalam menghitung serta kesalahan dalam menggunakan rumus. Sedangkan sebagian besar mahasiswa mampu memahami konsep dari mata kuliah statistika deskriptif, namun masih kurang teliti dalam melakukan perhitungan dan penggunaan simbol.