Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI MI Khozinatul Ulum Blora
Abstract
Motivasi belajar sangatlah pentig bagi siswa, tidak terkecuali dalam mata pelajaran matematika. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan beimplikasi pada hasil belajar yang baik dan memuaskan. Salah satu model pembeajaran yang dinilai paling efektif untuk mendorong siswa agar lebih semangat belajar adalah berupa reward dan punishment. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana pengembangan model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VI MI Khozinatul Ulum Blora? 2) Bagaimana hipotetis model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment. 3) Bagaimana model teruji pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :1) Untuk menganalisis model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar. 2) Untuk mendapatkan hipotetis desain pengembangan model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar. 3) Untuk menganalisis dan mendapatkan model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment yang teruji untuk meningkatkan motivasi belajar. 4) Menganalisis efektifitas model pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment yang teruji untuk meningkatkan motivasi belajar. Metode penelitian yang dilakukan yakni Riset and Development dengan mengembangkan suatu produk pembelajaran yang merepresentasikan dari temuan-temuan dan observasi yang telah dilakukan. R and D dilakukan dalam tahapan-tahapan kunci sampai dengan mendapatkan hasil teruji pebagai landasan utama pembuatan produk. Hasil dari penelitian ini setelah memenuhi tahapan-tahapan yang dilakukan didapatkan model teruji sebagai tindak lanut dari evaluasi model hipotetik, termasuk telah melewati hasil analisa kefektivan terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya model teruji tersebut dijadikan landasan dalam pembuatan produk berupa buku pedoman pembelajaran reward and punishment untuk guru.