INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN DAYAH DARUSSA’ADAHCOT TAROM BAROH MELALUI MADRASAH

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk integrasi dan implikasi sistem pendidikan dayah melalui madrasah di dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk integrasi dan implikasinya terhadap sistem pendidikan dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh melalui madrasah yang didirikan didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian lapangan. Temuan penelitian menginformasikan: bentuk-bentuk integrasi sistem pendidikan dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh melalui Madrasah adalah integrasi ilmu agama dan umum, integrasi kurikulum formal dan non-formal, dan integrasi kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian implikasi dari integrasi tersebut terdapat pada pembelajaran dan kualitas santri. Implikasi terhadap pembelajaran dapat dibuktikan dengan majunya lembaga pendidikan dayah, dayah mampu mengembangkan kurikulum dan potensi santri dari tambahan kurikulum pembelajaran madrasah. Sedangkan implikasi terhadap kualitas santri dapat dibuktikan dengan prestasi yang diraih santri, baik dalam pembelajaran ataupun perlombaan, dan juga bisa dilihat dari sikap spiritual santri.