STRATEGI BELAJAR KITAB ARAB MELAYU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SANTRI DAYAH NAJMUL HUDA ACEH

Abstract

Seiring berjalannya waktu, hampir seluruh wilayah Indonesia telah mengembangkan berbagai metode pengajaran khususnya pada mata pelajaran Arab-Melayu. Dengan metode tersebut diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh Ustadz/Ustadzah selama kegiatan pembelajaran. Karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengajaran bahasa Arab-Melayu di aceh. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah metode apa yang digunakan Ustadz/Ustadzah pada mata pelajaran Arab Melayu di Aceh, apa saja kendala dalam menggunakan metode pengajaran pada mata pelajaran Arab Melayu di Aceh dan bagaimana pengaruhnya terhadap penerapan metode pengajaran bahasa Arab. -Mata pelajaran Melayu di Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode yang digunakan Ustadz/Ustadzah pada mata pelajaran Arab Melayu di Aceh adalah metode tanya jawab, diskusi, talaqqi, dan pemberian tugas. Sedangkan kendala yang sering dialami Ustadz/Ustadzah di Aceh terletak pada santrinya yang belum mampu mengaji. Pengaruh penerapan metode tersebut sangat baik, hal itu terlihat dari tingginya antusiasme dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran Kitab Arab Melayu.