Konsep Dasar Analisis Kebijakan Pendidikan Islam

Abstract

Konsep dasar analisis kebijakan pendidikan Islam melibatkan proses analisis yang cermat terhadap perumusan, implementasi, dan evaluasi kebijakan pendidikan yang terkait dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar analisis kebijakan pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan Pertama, analisis kebijakan adalah suatu metode atau prosedur yang digunakan untuk memanfaatkan pemahaman manusia terhadap masalah kebijakan guna mencari solusinya. Kedua, Pendidikan agama Islam merupakan usaha yang melibatkan bimbingan dan pengasuhan terhadap peserta didik dengan tujuan agar mereka, setelah menyelesaikan proses pendidikannya, memiliki pemahaman yang baik terhadap ajaran Islam dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, menjadikannya sebagai pedoman hidup. Ketiga, Konsep dasar analisis kebijakan pendidikan Islam mencakup sejumlah aspek penting yang bersifat holistik dan menyeluruh dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan pendidikan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam.