Implementasi Manajemen Risiko Dalam Pengembangan Kurikulum di SMP QLP Rabbani Bandung

Abstract

Risiko adalah suatu hal yang pasti ada dalam setiap aktivitas manusia, termasuk dalam pengembangan kurikulum di satuan pendidikan. Risiko tersebut dapat berupa ancaman atau tantangan yang apabila tidak dikelola akan menjadi suatu hambatan dalam mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan implementasi manajemen risiko di SMP QLP Rabbani, bagaimana strategi mitigasi risiko yang dilakukan serta monitoringnya dalam pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diantara teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Dari hasil penelitian ini, dapat diuraikan bahwa implementasi manajemen risiko dalam pengembangan kurikulum di SMP QLP Rabbbani Bandung dilakukan dalam beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut yakni identifikasi risiko, pengukuran risiko, mitigasi risiko, dan evaluasi risiko. Karena SMP QLP Rabbani Bandung merupakan lembaga pendidikan yang baru didirikan dan belum mempunyai data siswa yang masuk, sehingga risiko dalam pengembangan kurikulumnya diidentifikasi ketika program berjalan.