Identifikasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Reva Kids Kabupaten Bandar Lampung

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak usia dini (5-6 tahun) memiliki peranan yang sangat penting untuk diperhatikan agar berjalan dengan optimal, karena ini menjadi salah satu faktor kesuksesannya dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK REVA KIDS, menggunakan pendekatakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel berjumlah 20 orang/anak yang diambil dari anak-anak berusia 5-6 tahun di TK REVA KIDS, Kecamatan Kemiling, Kabupaten Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, dan instrumennya menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil dari pengisian kuesioner, kemudian dilakukan Uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Homogenitas. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa anak usia 5-6 tahun di TK REVA KIDS memiliki perkembangan sosial emosional yang baik, yang sesuai dengan perkembangan seusianya, namun guru atau orang tua perlu meningkatkan lagi gaya pengasuhan dan pendidikan yang diberikan lebih tepat agar lebih optimal.