Pemodelan Augmented Reality Pada Platform Digital Mark Route Berbasis Android

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi pengkombinasian antara dunia maya dan nyata, augemented reality adalah bagian dari teknologi Virtual Enviroemnt atau yang lebih sering disebut dengan Virtual Reality (VR). Teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan minat masyarakat dan mengefektifkan media promosi tempat wisata salah satunya objek penulis yaitu tempat wisata Caping Park. Pertimbangan berbagai permasalahn pada saat pandemic, maka penggunaan Augmented Reality dirasa perlu untuk diimplementasikan di lokasi wisata Caping Park sebagai media promosi. Oleh karena itu penulis akan membuat sebuah fitur model augmented reality yang akan menyediakan penunjang informasi detail lokasi wisata dan panduan wisata di Caping Park. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan fitur model augmented reality sebagai media informasi detail lokasi wisata Caping Park yang dapat membantu dalam mempromosikan Caping Park agar lebih menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengunakan metode MDLC yang meliputi enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian ini yaitu berupa fitur model augmented reality sebagai media informasi detail lokasi wisata Caping Park dengan menggunakan SmartPhone Android.