Teori Kognitif Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik Animasi
Abstract
Bagaimana animasi dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman pelajar tentang penjelasan ilmiah dan matematika? Dalam ulasan ini, kami memeriksa peran animasi dalam pembelajaran multimedia (termasuk pesan instruksional multimedia dan permainan microworld), menyajikan teori kognitif pembelajaran multimedia, dan meringkas program penelitian kami, yang telah menghasilkan tujuh prinsip penggunaan animasi dalam multimedia. petunjuk. Ini termasuk prinsip multimedia (menyajikan animasi dan narasi daripada narasi saja), prinsip kedekatan spasial (menyajikan teks di layar dekat daripada jauh dari animasi yang sesuai), prinsip kedekatan temporal (menyajikan animasi dan narasi yang sesuai secara bersamaan daripada berturut-turut), koherensi prinsip (mengecualikan kata-kata asing, suara, dan video), prinsip modalitas (menyajikan animasi dan narasi daripada animasi dan teks layar), prinsip redundansi (menyajikan animasi dan narasi daripada animasi, narasi, dan teks layar), dan prinsip personalisasi (menyajikan kata-kata dalam percakapan daripada gaya formal). Animasi dapat meningkatkan pemahaman pembelajar bila digunakan dengan cara yang konsisten dengan teori kognitif pembelajaran multimedia.