Persepsi Guru dan Peserta didik kelas XI IPA Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh

Abstract

COVID-19 memberikan dampak terhadap berbagai sektor kehidupan. Salah satunya berdampak pada sistem pendidikan. Sistem pembelajaran yang biasa terlaksana secara langsung dan tatap muka berubah menjadi pembelajaran online dimana guru dan peserta didik tidak perlu bertemu secara langsung. Pembelajaran online merupakan alternatif untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Pembelajaran online menjadi tantangan baru bagi pendidikan indonesia. Salah satunya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik mengenai pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada guru dan peserta didik kelas XI IPA sebagai responden. Kuesioner terdiri dari beberapa butir pernyataan yang menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Pada kuesioner untuk guru berfokus pada 4 dimensi yaitu keterlaksanaan, ketertarikan, motivasi, serta sikap dan tanggapan. Pada kuesioner untuk peserta didik berfokus pada 5 dimensi yaitu keterlaksanaan, ketertarikan, motivasi, sikap dan tanggapan, serta kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online pada mata pelajaran biologi belum terlaksana dengan baik. Guru dan peserta didik memiliki kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara online.