Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Prestasi Siswa Kelas VIIIA Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Sungai Penuh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa yang berprestasi tinggi,berprestasi sedang, berprestasi rendah di SMP Negeri 12 Sungai Penuh dan untuk mengetahui analisis perbandingan kemampuan berfikir kreatif seluruh siswa pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. informan dalam penelitian adalah Guru biologi dan siswa di SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah Kemampuan berfikir kreatif siswa yang berprestasi tinggi adalah siswa yang memiliki tahap berfikir kreatif yang maksimal, Siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi memiliki prestasi yang lebih baik dan kemampuan berfikirnya mengikuti tahapan dalam keterampilan berfikir kreati.f Kemampuan berfikir kreatif siswa yang berprestasi sedang adalah siswa yang memiliki kemampuan dibeberapa tahap berfikir kreatif namun ada juga sebagian tahap berfikir kreatif yang masih belum bisa diterapkan dengan baik dan maksimal. Seperti pada tahap iluminasi dan tahap verifikasi. Siswa dengan kemampuan berfikir kreatif rendah memiliki prestasi belajar yang rendah, Tahapan yang dilaksanakan masih sangat kurang baik pada tahap preparsi, inkubasi, iluminasi maupun verifikasi. Berfikir Kreatif, Prestasi