Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange pada Materi Ekosistem terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Kedaisianam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi ekosistem terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Kedaisianam. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap aktivitas yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar yang diperoleh sebesar 55,95 (Pretest) dan 90,00 (postest) untuk kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar dikelas kontrol yaitu 53,33 (pretest) dan 84,76 (posttest). Untuk hasil uji- t diperoleh bahwa thitung 3,20 sedangkan ttabel 2,09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah.