Meta Analisis : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract

Perkembangan abad 21 menuntut siswa untuk menguasi beberapa keterampilan, salah satunya keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada berbagai tingkatan. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan mengkaji 20 jurnal. Sampel dalam penelitian ini berasal dari artikel jurnal pendidikan yang sudah dipublikasikan secara nasional maupun internasional terbitan enam tahun terakhir (2015-2021). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui Google Scholar, Academia dan Eric. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning memiliki nilai effect size sebesar 1,812 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Discovery learning, berpikir kritis