Meta Analisis Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Abstract

Studi Meta-analisis Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa jurnal penelitian lain menggunakan metode meta-analisis dengan mengkaji atau menelaah 10 jurnal penelitian yang berkaitan dengan Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal pendidikan yang sudah dipublikasikan seceara nasional maupun internasional dengan kriteria tertentu.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar data pengkodean artikel atau jurnal. Penelitian meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan data dengan cara memberi kode terhadapa 10 artikel jurnal untuk mencari besar pengaruh (effect size). Berdasarkan lembar data pegkodean artikel model pembelajaran secara keseluruhan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih efektif dan perlu diterapkan dalam pembelajaran.