Pengembangan Modul Evolusi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa di Jurusan Biologi Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) merupakan acuan pelaksanaan perkuliahan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. KKNI menuntut mahasiswa memiliki hasil belajar kognitif yang baik. Salah satu materi yang sulit dipahami mahasiswa adalah evolusi. Penyebab kesulitan materi evolusi adalah tidak tersedianya sumber belajar yang memberikan contoh sesuai dengan kehidupan nyata mahasiswa. Solusi untuk mengatasi rendahnya hasil belajar kognitif mahasiswa pada materi evolusi adalah pengembangan modul evolusi berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul evolusi berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Modul yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis. Data yang dihasilkan berupa data kualtatif dan kuantitatif. Model evolusi berbasis PBL sudah sangat valid, sangat praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Nilai validitas ahli media 89,8%, ahli materi 90,8%, dan ahli praktisi lapangan 91,2%, nilai kepraktisan modul yaitu 91,8% Modul evolusi berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibuktikan adanya perbedaan yang sognifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai F hitung 7,489 dengan p-value = 0,008 < α (α = 0,05).