MODEL PEMBELAJARAN COOMPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA/SISWI DI MAN I MEMPAWAH

Abstract

Coomperative learning adalaah suatu strategi atau medel belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau prilaku bersama alam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Model ini berbasi pembelajaran kognitif dan pembelajaran sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuai model belajar mengajar yang di lakukan oleh guru guna untuk meningkatkan minat belajar siswa/siswi. Selain hal itu peneliti jua bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajaar siswa/siswi di Madrasah Aliyah Negri I Desa Sejegi Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah. Adapun mitode penelitian yang digunakan oleh peneliti aalah metode Kualitatif deskriptif yaitu berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut mungkin berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video tape, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Dari penelitian tersebut membuahkan sebuah hasil penelitian sebagai berikut: (1). Strategi atau model yang di lakukan guru Madrasah Aliyan Negeri I Desa Sejegi Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswinya. (2). Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswi di Madrasah Aliyan Negeri I Desa Sejegi Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah (3). Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswmi di Madrasah Aliyan Negeri I Desa Sejegi Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah.