RELEVANSI METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Tulisan ini tentang pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan tentang anak dengan segala tingkah laku dan permasalahannya merupakan cerminan hasil dari pendidikan keluarga. Orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga adalah orang yang paling bertanggung jawab atas baik buruknya pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar pendidikan dalam keluarga dapat berhasil dengan baik, maka diperlukan suatu metode pendidikan anak dalam keluarga. Pendidikan yang menggunakan metode yang benar dan tepat akan menghasilkan anak didik yang berintegritas yaitu anak yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, sehat, kuat, dan berprestasi. Orang tua harus bisa menjadi teladan bagi anaknya dan mendidiknya dengan ibadah dan akhlaknya Rasulullah Saw. Orang tua harus membiasakan anaknya dengan kegiatan yang positif dan ditunjang dengan kondisi yang kondusif. Orang tua harus menasehati anaknya dengan cara memperhatikan kondisinya dan dengan cara menggugah perasaan afeksi dan emosinya juga berdasarkan metode Al-Qur’an dan As-Sunnah.