PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI SDN SILIHWANGI DESA CIPANCAR
Abstract
Dizaman sekarang perilaku sopan santun atau hormat akhir-akhir ini telah dilupakan oleh sebagian siswa. Perilaku sopan santun yang sangat menjujung tinggi nilai-nilai hormat menghormati sesama, yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda sudah hilang dalam sebagian diri siswa. Hilangnya perilaku sopan santun sebagian siswa merupakan salah satu dari sekian penyebab kurang terbentuknya nilai karakter. Tidak terpeliharanya perilaku sopan dan santun ini dapat berdampak negatif bagi siswa sendiri maupun orang lain disekitarnya. Oleh karena itu penting adanya penerapan pada seseorang untuk berkomunikasi yang baik sejak usia dini, peran sekolah dasar sangatlah yang paling mudah untuk menerapkan kebudayaan sopan santun siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam menanamkan perilaku sopan santun pada siswa. Penelitian menggunakan metode dekriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran dalam menanamkan sikap sopan santun siswa disekolah, yaitu: penanaman nilai-nilai moral dan agama, proses dalam belajar mengajar, hukuman yang baik untuk digunakan, serta lingkungan yang baik. Bukan hanya itu guru sebagai panutan dan menjadi contoh bagi siswa sehingga guru harus bersikap sopan santun agar menjadi model yang baik dalam menanamkan sikap sopan santun.