UPAYA PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN DI SMK NU PELITA NUSANTARA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh alasan bahwa tidak hanya lingkungan keluarga dan masyarakat saja yang dapat membentuk karakter siswa, melainkan melalui kegiatan pengajian rutin di sekolah juga sangat berpengaruh dalam pembentukan karekter siswa, Dimana lingkungan sekolah yang baik akan menumbuhkan siswa yang baik pula begitu juga sebaliknya. Dalam kegiatan pengajian rutin sangat erat dengan suatu tradisi, dari tradisi itulah karakter siswa dapat di bentuk oleh tradisi pengajian siswa di SMK NU Pelita Nusantara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan rutin pengajian di SMK NU Pelita Nusantara, untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan rutin pengajian terhadap karakter disiplinan siswa di SMK NU Pelita Nusantara, untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan rutin pengajian terhadap karakter tanggung jawab siswa di dusun SMK NU Pelita. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah data analisis interkatif Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil analisis menunjukkan: (1) Kegiatan rutin pengajian siswa di SMK NU Pelita Nusantara di susun dalam serangkaiaan acara yang di pimpin oleh MC. Dalam kegiatan ini memiliki dua fungsi yaitu: fungsi agama hubungan antara siswa dengan tuhan serta fungsi sosial hubungan siswa dengan masyarakat. (2) Dampak dari kegiatan rutin pengajian terhadap karakter disiplin siswa di SMK NU Pelita Nusantara, siswa tepat waktu dalam setiap pelaksanaan kegiatan pengajian, siswa patuh terhadap aturan yang telah di sepakati, siswa berinteraksi dengan masyarakat dengan berkata sopan dan ramah, siswa berpartisipasi dengan kebudayaan lokal, dan bersikap baik terhadap lingkungan. (3) Dampak kegiatan rutin pengajian terhadap karakter tanggung jawab siswa dapat di lihat melalui tugas dan kewajibannya untuk sesama manusia yaitu sebagai ketua dan sebagai anggota. Sedangkan tanggung jawab untuk manusia dengan Tuhannya yaitu pelaksanakan kegiatan pengajian dan sholat berjamaah.