EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SARANA LABORATORIUM IPA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MTs MA’ARIF CURUG CIJULANG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui efektivitas pemanfaatan sarana Laboratorium IPA dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, subjek dalam peneltian ini adalah kepala Laboratorium IPA dan guru Mata Pelajaran IPA MTs Ma’arif Curug Cijulang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pemanfaatan laboratorium IPA di MTs Ma’arif Curug Cijulang pada uraian bab sebelumnya dari hasil observasi penelitian yang di lakukan di MTs Ma’arif Curug Cijulang, memilik sarana dan prasarana yang kurang memadai. Hal ini dapat di lihat dari kondisi laboratorium MTs Ma’arif Curug Cijulang yang ruangannya masih bergabung dengan ruangan lain. Ruang yang dimiliki hanya berukuran 3m x 3m sebagai tempat penyimpanan berupa almari khusus penyimpanan beberapa alat dan bahan yang di dalamnya terdapat 1 lemari kaca yang berisi mikroskop,1 lemari tempat menyimpan alat-alat seprti pipet tetes, gelas kimia, gelas ukur dan alat alat lainya, 1 lemari untuk menyimpan bahan-bahan praktikum baik yang berupa bahan kimia, juga ada P3K.  Dari segi alat dan bahan masih ada kekurangan dalam menunjang pembelajaran di sekolah , dari kesesuaian alat dan bahan dengan materi yang akan di laksanakan dapat dikatakan sesuai dan menunjang proses pembelajaran di sekolah. Dan juga dari alokasi waktu yang tertera di jadwal pelajaran dalam laboratorium mencukupi.