Sastra Anak Cerita Rakyat Nusantara dalam Pembentukan Pondasi Karakter Moderat

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi memunculkan beberapa dampak buruk dalam perubahan karakter anak. Banyak kasus anak-anak sudah dapat berbicara kasar atau tidak sopan kepada orang lain yang dianggapnya berbeda dengan dirinya. Untuk itu, pondasi karakter moderat atau karakter yang menempatkan dirinya berada di tengah-tengah dan mampu menerima serta menghargai perbedaan perlu ditanamkan dan dikembangkan sejak dini. Sastra anak menjadi salah satu cara dan perantara menumbuhkan karakter moderat. Penelitian ini menjelaskan tentang pesan yang ada dalam cerita rakyat nusantara sesuai dengan indikator karakter moderat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menganalisis sastra anak dari cerita rakyat nusantara untuk mencari pesan yang ada dalam cerita disesuaikan dengan indikator karakter moderat. Data yang dipilih yaitu 10 cerita rakyat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak semua cerita mengandung pesan sesuai 4 indikator karakter moderat. Setiap cerita memiliki pesan yang menonjol dan sesuai dengan indikator. Ketika menceritakan cerita rakyat nusantara kepada anak, orang tua dapat membimbing untuk mengartikan setiap pesan yang ada agar dapat diterima anak dengan baik.