Penerapan Metode Pembelajaran Langsung untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan metode pembelajaran langsung, mendeskripsikan kendala dan solusi untuk mengembangkan karakter tanggung jawab anak pada metode pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitianya bahwa untuk mengembangkan karakter tanggung jawab anak pada metode pembelajaran langsung menggunakan komponen karakter penting yaitu moral knowing, moral feeling dan moral action. Pertama, penjelasan moral knowing yaitu guru memberikan pengetahuan atau definisi dari karakter tanggung jawab. Kedua, moral feeling yaitu metode yang dilakukan dengan cara guru memberikan cerita kepada anak-anak tentang karakter yang akan dipelajari. Ketiga, moral action yaitu tindakan yang dilakukan anak dalam pembelajaran langsung sesuai apa yang dilihat dan dirasakan. Kendalanya adalah pembelajaran kurang mengena, adanya pola asuh orang tua yang berbeda-beda, Untuk solusinya, guru selalu mengingatkan anak tentang arti tanggung jawab itu apa sampai anak tau dan mau menunjukan karakternya dan orang tua harus selalu memberikan bimbingan kepada anaknya.