Penerapan Alat Permainan Edukatif Puzzle Bergambar Untuk Meningkatkan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif puzzel bergambar untuk meningkatkan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di SPS Ar Rohmah Buaran Pekalongan. (2) Untuk mengetahui peningkatkan bahasa pada anak usia 3-4 tahun melalui penerapan alat permainan edukatif puzzel bergambar di SPS Ar Rohmah Buaran Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun di SPS Ar Rohmah Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat pra siklus kemampuan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di SPS Ar Rohmah Buaran Pekalongan anak masih rendah yaitu 45% dengan kriteria cukup, Pada siklus I ada peningkatan yaitu 58.3% namu masih dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori sanagat baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 13.3% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 21,7%.. dapat disimpulkan bahwa penerapan alat permainan edukatif puzzel bergambar dapat meningkatkan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di SPS Ar Rohmah Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022.