Media Pembelajaran Dakon Square Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat permainan edukatif yang diberi nama Dakon Square untuk melatih kemampuan mengenal konsep angka untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa pada semester genap tahun ajaran 2023. Analisis data diperoleh dari hasil diskusi,observasi, dan saran-saran dari para ahli,sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi dan pengembangan media dakon square untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini. Subjek penelitian adalah media Dakon Square yang akan diuji kelayakannya, sedangkan objek penelitian adalah anak kelas A RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa. Hasil validasi ahli media, diperoleh skor total adalah 48 dengan Persentase sebesar 96%, dan termasuk dalam kategori sangat layak (80<P<100). Hasil validasi ahli media, diperoleh skor total 37 dengan Persentase sebesar 74% dan termasuk dalam kategori layak (60<P<80). Validasi juga dilakukan oleh guru kelas A RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa, dari hasil validasi tersebut diperoleh skor total 37 dengan Persentase sebesar 74% dan termasuk dalam kategori layak(60<P<80). Adapun uji coba lapangan dilakukan dua tahap yaitu uji coba terbatas dengan nilai rata-rata persentase penilaian sebesar 82%., dengan kategori kelayakan produk (81-100 %) atau sangat layak digunakan dan uji coba luas dengan nilai rata-rata persentase penilaian sebesar 85% dengan kategori kelayakan produk (81-100 %). Dari hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa terdapat peningkatan sebesar 3% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Dakon Square layak dan berhasil digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka untuk anak usia dini