Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Abstract

Pendidikan seksual AUD adalah salah satu upaya penting yang dilakukan dengan tujuan mengurangi dan mencegah kejahatan seksual sejak dini. Terlebih pada anak usia dini berkebutuhan khusus yang minim dalam pendidikan seks menjadikan sebagian di antara mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pendidikan seksual dan cenderung mudah dimanipulasi sehingga kerap kali dijadikan objek pelecehan dan pelampiasan seksual. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan seksual anak usia dini berkebutuhan khusus di PAUD Teddy Bear Kota pekalongan dan mencari tahu apa saja faktor penghambat dan pendukungnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research Subjek penelitian yang digunakan yakni peserta didik PAUD Teddy Bear Kota Pekalongan tahun 2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis datanya adalah reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pendidik sudah mengajarkan pendidikan seksual pada anak dengan baik, Implementasi Pendidikan seksual pada anak usia dini berkebutuhan khusus di PAUD Teddy Bear Kota Pekalongan menggunakan tujuh pedoman  yaitu: mengenal identitas diri, mengenal bagian tubuh dan fungsinya, mengenalkan pada bahwa tubuhnya adalah ciptaan tuhan yang harus dijaga dan dirawat, mengenalkan cara berpakaian menutup aurat, mengenalkan toilet training, mengenalkan bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain, mengenalkan kepada anak untuk menolak, berteriak meminta tolong, dan melaporkan jika ada orang lain yang memegang area intim mereka. Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Pendidikan seksual anak usia dini berkebutuhan khusus di PAUD Teddy Bear Kota Pekalongan. Faktor penghambatnya yakni pada karakteristik kebutuhan yang dimiliki oleh  masing-masing anak. Sedangkan faktor pendukungnya adalah metode pembelajaran dan media yang digunakan pendidik saat pembelajaran pendidikan seks dikelas anak usia dini berkebutuhan khusus.